SEJARAH MESIR KUNO

Image

Mesir merupakan sebuah negeri di daerah lembah sungai Nil beserta delta sungai itu. Mesir sebuah negeri yang makmur dan berperadaban tinggi di zaman pra sejarah.
Mesir kaya akan hasil bumi, ini dikarenakan Mesir dilalui sungai Nil yang terkenal subur itu.  Diantaranya tanaman gandum banyak dihasilkan dari bumi Mesir. Dilembah sungai Nil terdapat papyrus, papyrus oleh orang Mesir dibuat sebagai kertas. Sayur-sayuran dan buah-buahan juga banyak dihasilkan di Mesir. Salah satu yang terkenal ialah Anggur.
Emas menjadi barang yang melimpah, berbagai benda dibuat dari bahan emas. Hal inilah yang memungkinkan bangsa-bangsa Eropa tertarik berkunjung ke Mesir. Bukan hanya sekadar berdagang namun juga hendak menguasai Mesir yang kaya itu.

Pada masa itu masyarakat Mesir telah mengenal perdagangan. Perdagangan itu tidaklah menggunakan  sistem barter. Namun telah menggunakan uang sebagai alat tukarnya. Perdagangan masyarakat ini berpusat didekat sungai Nil yang subur itu. Mereka memperjualbelikan berbagai bahan makanan dan berbagai benda-benda.

Masyarakat Mesir juga telah mampu membuat berbagai kapal berukuran besar dan indah. Kapal tersebut juga telah dilengkapi dengan teknologi tinggi, sedangkan pada kapal-kapal perang juga telah dilengkapi dengan senjata yang lengkap pada masanya. Sangat dimungkinkan inilah yang  menyebabkan Mesir dapat memiliki wilayah kekuasaan yang luas. Salah satu kapal yang termasyur dengan keindahannya ialah kapal pribadi Ratu Cleopatra yang terbuat dari emas.

Pada abad itu ternyata ilmu pengetahuan telah mendapat perhatian serius dari raja Mesir. Ini dibuktikan dengan dibangunnya sebuah perpustakaan yang berisi buku-buku pemikiran Aristoteles dan buku-buku lain. Salah satu raja Mesir yaitu Ratu Cleopatra bisa dikatakan menguasai banyak ilmu pengetahuan yang akan sangat membantu ia dalam memimpin Mesir. Ia memiliki seorang guru yang setia mendampingi dia.

Pada masa itu masyarakat Mesir telah menyembah dewa-dewa. Banyak sekali dewa-dewa yang dipercayai oleh masyarakat Mesir. Dewa Osiris dan dewa Isis merupakan salah satu dewa yang terkemuka di Mesir. Konon dewa Isis lah yang memberi sumber air bagi sungai Nil. Meurut legenda dewa Isis setiap hari tanpa henti menangis karena suaminya dewa Osiris yang telah meninggal. Dari air mata itulah konon air di sungai Nil bersumber. Sedangkan Ratu Cleopatra menganggap bahwa dirinya adalah titisan dari dewa Isis.
Ia beranggapan bahwa ia akan menjadi wanita yang subur seperti sungai Nil dan akan memiliki banyak keturunan.

Seni dan kebudayaan Mesir pada abad ini berkembang dengan pesat. Seni tari-tarian yang ada pada masa ini cukup bagus, sehingga membuat orang-orang asing yang datang ke Mesir ketika melihat pertunjukan tari Mesir merasa kagum. Seni bangunan Mesir kuno tidak perlu dipertanyakan lagi. Pada masa itu bangunan dan kehidupan di Mesir, terutama di ibukota Thebe dipenuhi kemewahan dan dapat dikatakan Mesir sebagai negeri yang paling maju di era itu. Bangunan-bangunan indah diciptakan oleh raja-raja Mesir. Bangunan yang diciptakan raja-raja Mesir memiliki nilai seni tinggi serta melambangkan supremasi kekuasaan raja-raja Mesir yang menganggap dirinya sebagai seorang dewa. Pemahat-pemahat Mesir juga sangat pandai dalam membuat patung-patung raja atau dewa sehingga terlihat indah. Peti mati bagi sang raja-raja Mesir juag dibuat sedemikian rupa seindah mungkin agar sang raja itu dapat selalu dikenang sepanjang masa. Peti mati itu semakin terlihat indah karena terbuat dari emas yang berkilau.

Dimungkinkan pada abad itu telah dikenal berbagai macam obat-obatan yang mujarab.
Ini dibuktikan dengan pemakaian berbagai hasil tanaman atau hasil ternak yang dimanfaatkan Ratu Cleopatra untuk kecantikannya. Serta telah ditemukannya suatu racikan untuk mengawetkan seorang yang telah meninggal yang biasa disebut mumi.

Abad ini Mesir juga telah memiliki persenjataan yang canggih. Ini bisa dibuktikan dengan kemenangan perang serta keberhasilan Mesir untuk menaklukkan wilayah-wilayah di Libya, Asia Kecil, Cyprus, Kreta serta sampai Somalia. Tentunya tanpa persenjataan yang bagus sulit sekali bagi sebuah negeri untuk bisa memenangkan suatu peperangan.  Inilah yang sangat dimungkinkan membuat Mesir dapat begitu lama berjaya dan disegani bangsa-bangsa lain.

Salah satu sebab Mesir dapat berjaya selama itu dengan wilayah yang luas dan karya-karya yang luar biasa dikarenakan adanya kepemimpina seorang raja yang kuat. Bisa dikatakan bahwa raja-raja Mesir tersebut cerdik dan pandai mengelola sebuah kerajaan yang besar. Sangat luar biasa di masa purbakala telah ada seseorang yang dapat membuat sebuah kerajaan memiliki peradaban sangat tinggi. Ini dibuktikan oleh kiprah salah satu penguasa Mesir yakni Ratu Cleopatra dalam memimpin Mesir. Ia awalnya dengan cerdik meminta kepada Julio Cesar untuk menjadikan ia sebagai penguasa Mesir menggantikan saudaranya dan setelah ia berkuasa, Ratu Cleopatra menghasut Julio Cesar untuk menjadi suaminya. Jilio Cesar diajak memimpin Mesir bersama Ratu Cleopatra dengan tujuan menguasai dunia. Betapa cerdiknya Ratu Cleopatra, dengan menikahnya Julio Cesar yang merupakan penguasa Romawi dengan Ratu Cleopatra tentunya akan membuat kedudukan Mesir semakin kuat.

Dapat disimpulkan bahwa pada masa sebelum masehi atau purbakala Mesir telah memiliki peradaban yang tinggi dibanding negeri-negeri lainnya. Ini dibuktikan dengan kemegahan seni bangunan, tingginya penguasaan teknologi dan ilmu pengetahuan, dan cantiknya seni budaya Mesir Kuno.

Daftar Pustaka

Van Den Berg, H.J. Kroeskamp, H. & Simandjoentak, I.P. 1952. Dari Panggung Peristiwa Sedjarah Dunia II. Jakarta, Groningen : J. B. Wolters

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s